/ Artikel

Mengenal Apa itu VPS, Kegunaan VPS, Baik Indonesia Maupun Luar Negeri

Panduan Belajar VPS mandiri – Barangkali ada diantara teman teman sekalian yang masih penasaran mengenai dunia VPS. Ya muncul pertanyaan dalam benak anda sekalian, “Apa itu VPS? Kegunaan VPS? fungsi VPS? atau secara umum ingin menjawab VPS adalah apa?”.

Mari secara ringkas kita perdalam satu demi satu, semoga bisa menambah insight bagi teman teman sekalian.

Kalau secara pengertian, VPS itu sendiri singkatan dari Virtual Private Server. Terjemah mudahnya ialah server virtual yang bisa disewa secara untuk berbagai kepentingan diri kita sendiri. Server sendiri sebenarnya hanya sebuah ‘komputer’ yang disetting khusus agar datanya bisa diakses oleh orang banyak. Baik melalui Local Access Network / Wide Access Network (alias internet).

Mengapa disebut virtual? Pasalnya kita tidak benar benar mendapatkan secara utuh segala fasilitasnya. Jadi kita cuma mendapatkan ‘pembagian jatah resources’ menggunakan software virtualisasi. Kalau yang full (bukan virtual) biasanya hanya bisa kita dapatkan kalau kita membangun / menyewa dedicated server. Kalau anda menyewa dedicated server, anda bisa reques secara real RAMnya berapa keping, Hardisknya mau yang seperti apa, Prosesornya mau yang merek apa sendiri. Kalau paket virtual, ya kita cuman bisa ikutan pakai dari yang sudah disediakan oleh vendor VPSnya. Misal kita bisa beli di DIGITAL OCEAN.

Logika Angkot untuk Memahami Server

Mengenal Apa itu VPS, Kegunaan VPS, Baik Indonesia Maupun Luar Negeri

Angkot Super Nyentrik

Mengapa kok disebut private? Karena dalam satu area virtualisasi itu, kita sendiri yang mempergunakan. Ibarat nih ada angkot, kita kalau naik angkot rame rame itu istilahnya pakai Shared hosting. Suatu hari kita sewa angkot itu hanya untuk dipakai kita sendiri / keluarga kita sendiri maka angkot itu sudah naik pangkat jadi ‘private’ angkot. Ya begitulah. Kita menyewa angkot itu jadi ‘private’ tidak lantas sekaligus kita memiliki 100 %. Beda cerita kalau kita beli angkot itu, lalu kita pakai sendiri inilah dedicated server.

Apa Kegunaan VPS? Fungsi VPS?

Mengenai fungsinya, kita kembalikan ke server itu sendiri. Hanya saja secara umum biasa digunakan sebagai webserver, Mailserver, atau juga fungsi storage server. Variasi lainnya ada sangat banyak, apalagi para programmer berpengalaman bisa utak atik banyak hal modal VPS saja.

Kalau yang saya bahas di Tutorial Setting Server VPS MANIA itu sebatas bagaimana mempergunakan VPS yang kita beli dari beberapa sumber yang saya jadikan topik di dalamnya, kita siapkan dia sebagai webserver yang bisa mengonlinekan website wordpress. Kita tahu ada jutaan website keren di dunia dia mempergunakan mesin wordpress sebagai content management servicenya.

Woke, semoga ada gambaran ya. Eh iya, mengapa sampai perlu saya buatkan  tutorial menggunakan vps? karena ada beberapa penjual VPS yang menyewakan VPSnya itu dalam kondisi kosongan. Ya seperti kalau kita membeli komputer / laptop baru di dealer resmi yang belum menginstallkan operating sistem di dalamnya. Kalau kita nyalakan cuman muncul hitam. Nah, kalau mau dipakai, ya harus dipersiapkan dulu elemen elemennya. Baca detailnya di tutorial premium saya ya. Makasih moga bermanfaat share ini.

[toggle title=”Bonus” open=”true or false”] Gunakan kupon: KUPON97 untuk anda yang ingin dapat diskon pembelian sebesar $ USD 9,7 produk tutorial setting VPS, VPS MANIA. Order dan pakai kuponnya selagi bisa DI SINI. Kupon bisa hangus tanpa pemberitahuan lebih dulu[/toggle]

 

Tags: Apa itu VPS Fungsi VPS Kegunaan VPS Panduan VPS tutorial menggunakan vps VPS adalah

author
www.vpsmania.info Saya susun sebagai media pembelajaran bagi pemula mengenai dunia VPS. Dulunya, ilmu ini hanya kalangan mastah yang bisa dan yang tahu sebagai pondasi blog - blog 'pengeruk dolar' yang mereka miliki. Kini, Anda pun yang bahkan Nol Skill Coding bisa mensetting VPS sendiri.

Leave a reply "Mengenal Apa itu VPS, Kegunaan VPS, Baik Indonesia Maupun Luar Negeri"

Must read×